Gunakan Tiket Kereta Api ke Surabaya Untuk Kunjungi Ini

Memiliki tiket kereta api ke Surabaya nganggur dan bingung mau kunjungi apa saja? Berikut ini disajikan tempat-tempat wisata hits yang wajib didatangi jika ke Kota Pahlawan. Tentunya bisa disesuaikan dengan budget berlibur yang telah direncanakan. Bersiap untuk menjelajah Surabaya?

Stasiun Kereta Api yang Berlokasi di Sekitaran Surabaya

tiket kereta api ke surabaya

  • Stasiun Surabaya Kota

Stasiun Surabaya Kota disebut juga Stasiun Semut. Di lokasi ini memberikan pelayanan untuk KA kelas besar dengan tipe B. Lokasi tepatnya ada di Kelurahan Bongkaran Kecamatan Pabean Cantian Surabaya. Dibangun pada ketinggian 4meter, stasiun satu ini masuk ke dalam wilayah operasi VIII.

Awal pendiriannya, stasiun ini adalah pemberhentian akhir dari jalur kereta dengan rute Surabaya. Khususnya untuk jalur kereta di bagian selatan yang menghubungkan stasiun Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Namun semenjak Stasiun Gubeng dibangun, rute tersebut kemudian dialihkan ke sana.

Kemudian Stasiun Semut pun digunakan untuk lokasi penyimpanan rangkaian KA jarak jauh sampai menengah. Untuk pemberhentiannya hanya melayani KA lokal dan komuter saja. Stasiun Surabaya Kota ini memiliki nilai sejarah. Di mana inilah stasiun pertama yang dimiliki oleh Operator Kereta Hindia Belanda (SS).

Pembangunannya dilaksanakan pada tahun 1870 yang mana kala itu dilakukan perintisan rute untuk Pasuruan-Malang-Surabaya. Pada waktu itu tujuan utamanya ialah mengangkut hasil bumi dari Jawa Timur khususnya Malang menuju Pelabuhan Tanjung Perak.

Bahkan pada masanya, stasiun ini merupakan stasiun untuk kereta cepat terbaik. Dikarenakan peranan pentingnya, maka Walikota Surabaya menjadikan kawasan ini sebagai cagar budaya. Bersama 60 konstruksi lainnya yang ada di Surabaya, pemerintah akan tetap mempertahankan baik bentuk dan desainnya.

Namun meski begitu, ada beberapa yang hendak melakukan penataan kawasan dengan pembongkaran di sudut-sudut tertentu. Hal ini disinyalir dapat mengancam keaslian dari struktur aslinya. Di mana pembangunan tersebut hendak dijakdikan mall dan pertokoan sebagaimana Stasiun Jakarta Kota.

  • Stasiun Pasar Turi

Stasiun berikutnya yang tidak boleh dilewatkan di Surabaya adalah Pasar Turi. Jika memiliki waktu liburan dengan tiket kereta api ke Surabaya, sempatkan berhenti di kawasan ini. Stasiun tersebut melayani pemberhentian kereta api kelas besar dengan tipe A.

Adapun lokasinya ialah di Kecamatan Bubutan Surabaya tepatnya Kelurahan Tembok Dukuh serta Gundih. Stasiun ini berada pada ketinggian satu meter dan masuk ke dalam kawasan daerah operasi VIII Surabaya. Dengan ketinggian tersebut, stasiun ini adalah yang terendah di Indonesia.

Stasiun ini adalah yang terminus bagi kereta api yang melintasi jalur Jawa bagian utara. Selain itu di sini juga adalah pemberhentian bagi KA antar kota dengan lintas Jawa Tengah, komuter, serta KA lokal. Sedangkan untuk keberangkatan di selatan dan timur dilayani oleh Stasiun Gubeng.

Jika stasiun-stasiun yang ada di Surabaya merupakan hasil karya dari SS dan OJM, maka Stasiun Pasar Turi dibangun oleh NIS. Namun perlu diingat bahwa ketiga perusahaan tersebut merupakan sama-sama perusahaan pada masa pemerintahan kolonial Belanda.

BACA JUGA  Tiket Kereta Api ke Malang Berapa? Ini Rinciannya

Kemudian untuk memperbesar daya tampungnya, maka dilakukan pengerjaan jalur cabang yang ditujukan ke Gresik. Tidak hanya itu, percabangan pun juga dibangun untuk KA lintas Babat sampai Merakurak. Di mana dari pembangunan tersebut, kemudian pada tahun 1990an dibukalah lintasan Gundih-Karedan.

Pemberian nama Pasar Turi diberikan oleh petugas pendataan stasiun peninggalan Belanda. Di mana lokasi stasiun ini memang dekat dengan sebuah pasar yang dinamakan Pasar Turi.

Stasiun ini memiliki delapan jalur kereta api. Di sebelah baratnya terdapat depo kereta sedangkan di selatan ialah depo lokomotif. Untuk saat ini lintasan jalur yang dimiliki ialah jalur ganda.

Dengan adanya lintasan ini, maka perjalanan dari Surabaya menuju Jakarta dapat dilalui hanya dalam waktu 8-11jam. Sedangkan untuk jalan menuju Semarang dapat ditempuh dari 3.5 sampai 4.5jam.

Stasiun Pasar Turi memiliki ciri khas yakni setiap kereta yang datang akan disambut dengan lagu keroncong yang berjudul Soerabaja. Di mana tembang tersebut dinyanyikan oleh Soendari Soekotjo.

  • Stasiun Gubeng Surabaya

Stasiun Surabaya Gubeng atau juga kerap disebut Stasiun Gubeng saja adalah stasiun yang melayani pemberhentian KA besar kelas A. Lokasinya ada di Kelurahan Pacar Keling-Tambaksari Surabaya. Kawasan ini merupakan stasiun utama Gerbangkertosusila di Jatim.

Untuk rute timur dan selatan Pulau Jawa, maka Stasiun Gubeng adalah yang terminus. Selain itu di sinilah lokasi pemberhentian untuk KA antarkota pada lintas tengah dan selatan Jawa. Di sini juga melayani KA Lokal dan Komuter. Sedangkan untuk pelayanan KA sebelah utara, dilakukan oleh Stasiun Pasar Turi.

Stasiun Surabaya Gubeng adalah stasiun KA yang dimiliki oleh SS dan dibangun pada masa Pemerintahan Kolonial Belanda. Lokasi ini pertama kali dioperasikan secara resmi tahun 1878 tepatnya tanggal 16 Mei. Awalnya ia dibangun pada sisi sebelah barat rel kereta api.

Pada tahun 1970 hingga 1980, manajemen mengganti jenis persinyalan dari mekanik ke elektrik. Selanjutnya pada 7 Juni 1996, bangunan baru di sisi sebelah timur pun selesai dikerjakan. Di mana bangunan itu mengusung tema yang lebih modern dengan biaya taksiran sekitar 1.5M.

Untuk bangunan lamanya sendiri juga sudah mengalami beberapa kali tahapan renovasi. Perombakan terutama dilakukan pada kanopi peron dan lobi utama. Adapun ciri dari bangunan ini ialah berdesain Chalet. Di mana desain tersebut memiliki kekhasan tembok tinggi kukuh.

Dikarenakan kekhasan gaya arsitekturnya, pemerintah kota Surabaya mengeluarkan kebijakan untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai cagar budaya. Stasiun Gubeng pernah dijadikan sebagai tempat kerja bagi Ir. Sukarno. Kala itu beliau tengah menempuh pendidikan di TH te Bandoeng atau ITB saat ini.

Jadwal dan Harga Tiket Kereta Api Menuju Surabaya

  • Kereta Api Kertajaya

Kereta Api Kertajaya melayani penumpang jarak jauh yakni dari Stasiun Pasar Turi ke Stasiun Pasar Senen dan sebaliknya. Ia termasuk kereta malam di mana perjalanan dilakukan pukul 21.00 dan penumpang akan tiba di lokasi pukul 08.40. Kereta ini hanya melayani penumpang Ekonomi dengan harga tiket 150ribuan.

  • Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan

KA Gaya Baru Malam Selatan merute dari Stasiun Surabaya menuju Pasar Senen Jakarta. Keberangkatan dimulai dari siang pukul 12.00 dan akan tiba di lokasi pukul 01.55 waktu setempat. Dengan harga tiket 104ribuan, KA ini hanya menerima kelas Ekonomi saja.

  • Kereta Api Argo Bromo Anggrek

Harga tiket kereta ke Surabaya untuk liburan dari Stasiun Pasar Turi ke Stasiun Gambir dan sebaliknya dikenakan tarif 375ribuan. Di mana keberangkatan tersebut dapat menggunakan KA Argo Bromo Anggrek. Perjalanan akan dimulai dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

BACA JUGA  WOW Mudah Banget! Pesan Tiket Kereta Api Lebaran 2024: Ayo Mudik!

Selain di jam tersebut, KA Argo Bromo Anggrek juga melayani keberangkatan malam yakni pukul 20.00 hingga pukul 05.00.

  • Kereta Api Sembrani

KA Sembrani juga melayani keberangkatan dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Pasar Turi Surabaya. Di mana perjalanan dimulai dari pukul 17.50 hingga 04.15. Dengan layanan kelas Eksekutifnya, penumpang merogoh kocek sebesar kurang lebih 375ribuan. Jadi tidak jauh berbeda dengan KA Argo Bromo.

  • Kereta Api Bima

Kereta Api Bima melakukan perjalanan dengan berhenti di beberapa stasiun. Perjalanan akan dimulai dari Stasiun Gambir, kemudian menuju Stasiun Surabaya Kota, dan terakhir ke Stasiun Malang.

KA ini adalah kereta api untuk kelas Eksekutif dengan harga 395ribuan. Kereta berangkat pukul 17.00 dan tiba di lokasi pukul 05.43.

  • Kereta Api Argo Wilis

Perjalanan dari Stasiun Surabaya Kota ke Bandung akan lebih mudah dengan menggunakan Kereta Api Argo Wilis. Perjalanan akan dimulai pukul 07.00 dan tiba di lokasi pukul 19.06. Dengan layanan kelas Eksekutifnya, penumpang dikenakan tarif tiket seharga 345ribuan.

  • Kereta Api Sancaka

Kereta Api Sancaka memiliki tujuan dari Stasiun Surabaya Kota menuju Stasiun Yogyakarta. Ada dua kelas yng tersedia yakni kelas Ekonomi dan Eksekutif dengan tarif mulai dari 109ribuan.

Perjalanan dibagi menjadi dua waktu yakni mulai pukul 07.30 dan waktu tiba pukul 12.45. Keberangkatan sore dimulai jam 17.25 yang mana akan tiba di lokasi pukul 22.32.

  • Kereta Api Mutiara Timur Malam

KA Mutiara Timur Malam merupakan kereta api yang melayani keberangkatan malam hari. Perjalanan dimulai pukul 22.00 dan akan tiba pukul 04.15. Dengan harga tiket mulai 100ribuan saja, KA ini mengantarkan penumpang Eksekutif dan Bisnis dari Stasiun Banyuwangi menuju Stasiun Surabaya Kota.

  • Kereta Api Gumarang

KA Gumarang mengadakan keberangkatan dari Surabaya Pasar Turi ke Stasiun Pasar Senen Jakarta. Terdapat tiga kelas yang dilayani yaitu Ekonomi, Bisnis, dan Eksekutif. Harga tiket ada di kisaran 180ribuan dengan keberangkatan dari 15.30 dan tiba di lokasi 02.31.

Kunjungi Ini Dengan Tiket Kereta Api ke Surabaya

taman tugu pahlawan

  • Taman Tugu Pahlawan

Sebagai Kota Pahlawan, tentu saja monument Tugu Pahlawan wajib masuk list ketika hendak memutuskan berlibur ke Surabaya. Kawasan ini sangatlah pas dijadikan sebagai tempat bersantai setelah lelah berkeliling-keliling Surabaya. Ada taman dan lapangan hijau yang dapat memanjakan mata dan paru-paru.

Tugu ini memang memiliki nilai sejarah perjuangan masyarakat Surabaya melawan penjajah. Jadi memang sudah ada sejak zaman dahulu. Kawasan ini cocok dijadikan daftar wisata low budget karena masyarakat tidak dipungut biaya untuk memasukinya.

  • Museum 10 November

Penyuka wisata edukasi sejarah tentunya tidak akan melewati Museum 10 November begitu saja. Di sini detail perjuangan bangsa dalam meraih kemerdekaan diceritakan dengan menarik. Jadi bisa dibilang tempat ini adalah surga bagi anak-anak sejarawan yang hendak memperdalam fakta-fakta sejarah bangsa.

Lokasi museum tidak jauh dari Tugu Pahlawan. Berbekal tiket masuk yang hanya sebesar Rp5.000 saja, pengunjung sudah bisa berjalan-jalan ke seluruh kawasan ini. Selain lukisan dan foto-foto yang bernilai sejarah, tempat ini juga memajang barang-barang peninggalan Bung Tomo beserta arek-arek Suroboyo.

  • Surabaya Zoo

Gunakan tiket kereta api ke Surabaya untuk mencapai Surabaya Zoo. Lokasinya yang berada di tengah pusat kota sangat strategis untuk disambangi setibanya di Stasiun Wonokromo. Dari sini perjalanan bisa dilakukan baik dengan taksi ataupun angkutan umum.

Berbagai jenis binatang ada di sini seperti Jerapah, Gajah, aneka burung-burung endemik, dan masih banyak lagi. Jika berkunjung ke Surabaya bersama keluarga dan anak-anak maka kebun binatang ini adalah salah tujuan yang tepat.

  • Patung Ikonik Surabaya

Kota Surabaya berasal dari kata Suro yang bermakna ikan sura (hiu) dan Boyo atau buaya. Jadi patung ikonik ini menceritakan asal-usul penamaan Surabaya. Maka dari itu belum komplit rasanya jika belum mampir ke tempat spesial ini. Apalagi terdapat banyak titik sebagai lokasi pengabadian momen.

BACA JUGA  Menjelajahi Keindahan Stasiun Bandung Pintu Utara: Dari Sejarah hingga Fasilitas Terkini

Lokasi patung ini berada di Jalan Diponogoro No. 1-B Wonokormo-Surabaya. Di sini juga terdapat Taman Skateboard yang merupakan spot terbaik. Kabar baiknya lagi ialah area ini bisa dimasuki secara gratis.

  • Penuh Warna di Kampung Bulak

Jika memiliki tiket kereta ke Surabaya gratis, jangan lupa untuk mampir ke Kampung Bulak. Pasalnya kampung ini sangatlah instagramable karena seluruh rumah-rumah yang ada di sini telah dicat warna-warni. Dengan begitu perkampungan tersebut menjadi sangat estetik.

Kampung Bulak termasuk tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan sama sekali. Untuk tiket masuknya sendiri pun sangat murah. Hanya dengan biaya sebesar dua ribu rupiah saja, pengunjung dapat langsung berkeliling kampung.

  • Patung Budha Empat Wajah

Biasanya untuk bisa menyaksikan patung Budha, orang-orang harus berbondong-bondong ke Negeri Gajah Putih Thailand. Namun rupanya Surabaya pun tidak mau kalah. Di sini pengunjung juga bisa berwisata ke patung Budha yang memiliki empat rupa.

Selain empat wajah, patung inipun mempunya delapan tangan. Patung Budha ini adalah salah satu wisata religi yang sangat diminati wisatawan. Selain tempat ibadah umat Budha, lokasi ini pun adalah area wisata yang dibuka untuk umum. Tiket masuknya gratis sehingga sangat bersahabat bagi backpakers.

  • Atlantis Land Menegangkan

Cuaca di Surabaya memang sangat panas. Hal ini membuat wisata air adalah salah satu cara terbaik mengusir kegerahan. Tidak usah khawatir, pasalnya Kota Pahlawan ini juga memiliki kawasan wisata air yang menyenangkan yakni Atlantis Land.

Taman wisata ini tidak saja hanya menyediakan kolam renang lengkap dengan seluncurannya. Tetapi di sini juga terdapat berbagai atraksi yang siap memberikan hiburan bagi pengunjung. Wisata air yang terletak di Kecamatan Bulak memiliki harga tiket sebesar 100ribu sampai 125ribu.

  • Hutan Mangrove

Hutan bakau tidak saja hanya mampu mencegah abrasi yang diakibatkan air laut. Namun kawasan ini juga merupakan lokasi yang cocok sebagai kawasan wisata yang menyenangkan. Jika wisatawan tertarik dengan kawasan hijau yang tenang, maka Ekowisata ini akan menjadi pilihan tepat.

Di sini terdapat jembatan kayu yang bisa dipakai untuk menyusuri keseluruhan area hutan bakau. Selain tumbuhan hijau, sesekali pengunjung juga akan bertemu dengan beberapa burung khas pesisir pantai seperti burung kuntul.

Selain itu ada pula hewan-hewan laut seperti kepiting. Lokasinya ada di Kecamatan Rukut-Surabaya dengan tiket masuk yang sangat ramah di kantong yakni sebesar Rp25.000.

  • Estetika Hutan Bambu Keputih

Bagi mereka yang menyukai berfoto dengan pemandangan alam yang natural, bisa berkunjung ke Hutan Bambu Keputihan. Tempat ini sangat indah dengan pepohonan bambu di tepi kanan kiri dan jalan setapak di tengah-tengahnya. Nuansanya pun sejuk dan asri.

Namun siapa sangka, kawasan indah ini pada mulanya adalah sebuah tempat pembuangan sampah. Kini kawasan ini disulap bak sedang berada di Negeri Asia Timur. Tidak hanya bambu, di beberapa titik juga telah diselipi dengan pohon Sakura. Jangan khawatir karena tiket masuknya gratis.

Dengan memiliki tiket kereta api ke Surabaya, maka kita bisa menjelajah setiap sudut Kota Pahlawan secara mudah dan murah. Selain menyiapkan dana dan juga kondisi badan yang bugar, pastikan mencatat jadwal-jadwal keberangkatan kereta api. Sehingga perjalanan menjadi aman dan nyaman tanpa kejadian ketinggalan KA.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • AI: Hello human, I am a GPT3 powered AI chat bot. Ask me anything!

AI thinking ...