Tiket Kereta Api ke Solo Rute dan Harganya Berapa?

Kota Solo merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah yang merupakan wilayah Kerajaan Kesunanan Surakarta Hadiningrat. Selain Yogyakarta, wilayah ini juga sangat terkenal dengan batiknya yang khas. Bagi mereka yang hendak mencari informasi mengenai tiket kereta api ke Solo, silahkan simak tulisan ini!

Kereta Sesuai Rute Tiket Kereta Api ke Solo

tiket kereta api ke solo

  • Kereta Api Logawa 247

Kereta Api Logawa 247 melayani keberangkatan penumpang dari Stasiun Jatiroto di Jember menuju Stasiun Purwosari Solo. Mereka hanya melayani keberangkatan bagi penumpang kelas Ekonomi saja dengan harga tiket ada di rentangan 165ribu hingga 175ribuan.

  • Kereta Api Matarmaja 281

Perjalanan dari Stasiun Kotalama Malang ke Stasiun Solojebres dengan harga tiket di kisaran 120 hingga 135ribuan.

Penumpang kelas Ekonomi yang mereka layani menempuh perjalanan selama 6 jam 10 menit dari jam 09.33 WIB sampai 15.43 WIB. Kereta ini cocok bagi mereka yang menyukai perjalanan di pagi hingga sore hari.

  • Kereta Api Sri Tanjung 287

Jika Anda hendak melakukan perjalanan dari Banyuwangi menuju Solo, maka Kereta Api Sri Tanjung 287 adalah pilihan terbaik. Kereta ini melayani penumpang kelas Ekonomi dengan harga terjangkau yakni sekitar 94ribuan saja.

Perjalanan nantinya akan memakan waktu hingga 11 jam 21 menit. Kereta akan mulai dijalankan dari pukul 07.47 WIB dan tiba di lokasi jam 19.08 WIB.

  • Kereta Api Bengawan 292

Kereta Api Bengawan 292 melakukan rute perjalanan dari Stasiun Pasar Senen Jakarta menuju Stasiun Purwosari Solo. Dalam perjalanan ini dilakukan perjalanan selama kurang lebih 9 jam 55 menit. Kereta berjalan mulai dari pukul 06.20 WIB dan tiba di tujuan jam 16.15 WIB.

Kereta Api Bengawan 292 memberikan layanan bagi para penumpang kelas Ekonomi. Dengan harga tiket kereta api ke Solo Purwodadi yang terjangkau yakni 74ribuan saja.

  • Kereta Api Ka Bias 562

Ka Bias 562 adalah sebuah kereta api berpenumpang Ekonomi. Kereta akan melaku dari Stasiun Solobalapan menuju Stasiun Solo Purwosari. Perjalanan singkat ini hanya memakan waktu 5menit saja dengan harga tiket yang bahkan tidak sampai 10ribu.

Lebih tepatnya harga tiket dibanderol senilai 8ribuan saja. Di mana perjalanan akan mulai dilakukan pukul 14.57 WIB sampai 15.02 WIB.

  • Kereta Api Bengawan

Kereta Api Bengawan melakukan perjalanan dari Stasiun Purwosari Solo menuju ke Stasiun Pasar Senen. Dengan harga tiket di kisaran 74ribuan saja, penumpang yang dilayani adalah kelas Ekonomi. Perjalanan dimulai pukul 14.30 WIB dan akan tiba di Pasar Senen hampir dini hari yakni sekitar jam 00.28 WIB.

  • Kereta Api Jaka Tingkir

Kereta api kelas Ekonomi dengan tujuan dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Pasar Senen selanjutnya ialah KA Jaka Tingkir. Dibanding KA Bengawan, KA Jaka Tingkir memiliki harga tiket yang lebih mahal di kisaran 170ribuan. Kereta akan mulai berangkat jam 18.00 WIB dan tiba di lokasi jam 03.30 WIB.

  • Kereta Api Senja Utama Solo

Senja Utama Solo merupakan kereta api yang memberikan layanan bagi penumpang kelas Bisnis. Kereta ini memiliki rute dari Stasiun Solobalapan menuju ke Stasiun Pasar Senen. Harga tiketnya ada di kisaran 235ribuan saja. Perjalanan dimulai jam 17.30 WIB sampai pada pukul 02.54 WIB.

  • Kereta Api Argo Lawu
BACA JUGA  Mudik 2024: Tiket Kereta Brebes-Semarang, Solusi Jitu untuk Menghindari Macet yang Mencekam di Jalur Darat!

Bagi penumpang kelas Eksekutif yang hendak melakukan perjalanan ke Stasiun Gambir dari Stasiun Solobalapan, maka dapat menggunakan Kereta Argo Lawu. Dengan harga tiket senilai 285ribuan, kereta api ini akan meluncur mengantar penumpang dari jam 08.00 WIB sampai jam 16.27 WIB.

  • Kereta Api Argo Dwipangga

Kereta Api Argo Dwipangga melakukan perjalanan dari Stasiun Solobalapan menuju ke Stasiun Gambir. Harga tiketnya sebesar 285ribuan yang memang sangat pas bagi penumpang kelas Eksekutif. Untuk waktu keberangkatannya dimulai dari pukul 20.00 WIB sampai 04.37 WIB.

  • Kereta Api Lodaya

Kereta Lodaya melayani keberangkatan dari Stasiun Solobalapan menuju ke Stasiun Bandung atau Hall. Mereka melakukan layanan bagi para penumpang Bisnis dan Eksekutif.

Kereta Api Lodaya memiliki dua kali jadwal pemberangkatan dengan rentang harga yang sama yakni 140ribuan. Perjalanan pertama dimulai pukul 07.10 WIB dan akan tiba di jam 15.48 WIB. Rute kedua dari jam 19.10 WIB sampai jam 04.15 WIB.

Stasiun yang Ada di Kota Solo

  • Stasiun Solo Kota

Stasiun Solo Kota adalah kategori untuk stasiun kereta api kecil kelas III. Lokasinya ada di Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon Kesunanan Surakarta Jateng. Ia berdiri pada ketinggian 98meter dan merupakan daerah operasi VI Yogyakarta di bawah manajemen PT KAI.

Stasiun Solo Kota juga disebut sebagai Stasiun Sangkrah yang pertama kali dibangun pada tahun 1922 oleh NIS. NIS sendiri merupakan perusahaan yang fokus sebagai penyedia jasa layanan kereta api di era kolonial Belanda.

Stasiun Solo Kota menjadi rute terminus bagi perjalanan Kereta Api Uap Jaladara serta layanan bus rel yang dimiliki KAI. Di stasiun ini setidaknya memiliki tiga jalur dengan dua diantaranya merupakan sepur lurus.

  • Stasiun Solo Brebes

Stasiun Solo Brebes atau Solo Jebres merupakan stasiun yang dipergunakan melakukan layanan bagi kereta api besar tipe C. Lokasinya ada di Purwodiningratan Jebres-Surakarta. Pembangunan dilakukan pada ketinggian 97meter. Pengelolaan dijalankan oleh KAI dengan memasukannya sebagai daerah operasi VI Yogyakarta.

Sebelum Stasiun Solo Brebes ini dibangun, mereka menggunakan Stasiun Purwosari sebagai lokasi pemberhentian. Di sanalah pelayanan untuk berbagai kelas kereta dari Ekonomi sampai campuran dilakukan.

Namun sejak tahun 2014 tepatnya tanggal 1 Februari, sebagian peran tersebut diambil alih oleh Stasiun Solo Brebes.

Jika stasiun-stasiun lainnya yang ada di Solo dibangun pada jalur SS, tidak begitu halnya dengan Stasiun Solo Brebes. Pasalnya stasiun ini berdiri pada jalur yang dibuat NIS.

SS merupakan perusahaan swasta yang bergerak dalam pembangunan jalur trem pada masa Hindia Belanda. Sedangkan NIS adalah perusahaan yang bergerak dalam pelayanan jasa kereta api zaman kolonial.

Pembangunan jalur tersebut dilakukan bersamaan dengan pembangunan jalur untuk KA Semarang-Vorstenlanden. Namun hingga kini tidak banyak literatur yang mengungkapkan perjalanan rute menuju Sungai Bengawan Solo tersebut. Jalur itu melintasi Kesunanan Surakarta sesuai petunjuk peta tahun 1869an.

Di tahun 1882 sampai 1884, SS kemudian melaksanakan proses pengembangan jalur. Pembangunan tersebut dikerjakan dari arah Surabaya menuju ke Madiun. Rute tersebut baru akan berakhir ketika mencapai kawasan Solo Balapan.

Pada tahun 1884 tepatnya tanggal 24 Mei oleh SS, jalur-jalur yang dibuat oleh NIS diganti oleh jalur baru lagi. Hal tersebut dilakukan nyaris bersamaan dengan pembukaan Stasiun Solo Jebres.

  • Stasiun Solobalapan

Bisa dibilang Stasiun Solobalapan merukana salah satu ikonik dari Kota Solo. Bahkan saking terkenalnya, sampai-sampai beberapa penyanyi memasukan Solobalapan ke dalam lirik mereka. Maka jika hendak liburan ke Surakarta, tidak ada salahnya untuk membeli tiket kereta api ke Solo Stasiun Balapan.

BACA JUGA  Tiket Kereta Api ke Banyuwangi Informasi Harga dan Rute

Stasiun Solobalapan termasuk dalam kategori stasiun kereta api untuk kelas besar. Lokasinya sangat strategis karena di perbatasan antara Kelurahan Gilingan dengan Kestalan, Banjarsari-Surakarta. Ia didirikan pada ketinggian sekitar 93meter yang masuk ke dalam wilayah operasi VI Yogyakarta.

Penamaan Balapan sendiri berasal dari nama sebuah pemukiman yang lokasinya tidak jauh dari stasiun. Stasiun Balapan adalah sebuah pemberhentian di daerah selatan dan merupakan lintasan tengah Jawa.

Stasiun Balapan memberikan pelayanan lengkao terhadap berbagai kelas penumpang kereta api, mulai dari Ekonomi, Bisnis, Eksekutif, dan lainnya. Sementara itu KA dari arah timur yang nantinya akan menuju utara dilakyani oleh Stasiun Solo Brebes.

Stasiun Kereta Api Solobalapan adalah salah satu stasiun tertua di Indonesia. Di mana keberadaannya telah mulai direncanakan sejal zaman penjajahan Hindia Belanda. Pembangunannya pertama kali dilaksanakan oleh NIS yang merupakan perusahaan kereta api di masa itu.

Di abad ke 19 itulah pembangunan di lakukan di wilayah Kesultanan Yogyakarta pada masa pemerintahan Mangkunegara IV. Lahan yang digunakan pun merupakan milik Mangkunegara di mana pada mulanya merupakan tanah pacuan kuda.

Sebagai ganti lahan yang digunakan tersebut, Kesunanan kemudian menggantinya dengan tanah di Menahan. Di sanalah kemudian pacuan kuda dan pusat olahraga baru pun dibangun.

Wisata Keren di Sekitaran Solo

  • Keraton Kesunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton Kesunana Surakarta merupakan tempat ikonik yang wajib dikunjungi jika berlibur ke Solo. Tempat ini merupakan kediaman keluarga kesunanan. Tidak hanya terkenal di dalam negeri saja, namun di luar negeri pun Kesunanan Surakarta masih tetap eksis.

Kawasan keraton dibagi menjadi beberapa bagian. Dimulai dari Alun-Alun Lor, Kidul, Siti Hangil Lor-Kidul, Sasana Sumewa, dan lain sebagainya.

  • The Lawu Park

Sebagaimana namanya, The Lawu Park berada tepat di bawah kaki Gunung Lawu Karanganyar. Tempat ini adalah salah satu lokasi destinasi wisata alam favorit di Kota Solo. Terdapat berbagai fasilitas kegiatan yang bisa dicoba seperti forest walk, hiking, sky walk, hingga flying fox.

Dari The Lawu Park, pengunjung bisa melihat dan menikmati keindahan yang ditampilkan Gunung Lawu. Background eksotis yang ditawarkan sangat pas untuk dijadikan latar berfoto.

Untuk tiket masuknya juga cukup terjangkau yakni sekitaran 15ribuan saja. Namun jika hendak memesan kegiatan outdoor, maka akan dikenakan biaya tambahan lagi. The Lawu Park dibuka mulai pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB.

  • The Heritage Place

Jika Anda termasuk pengunjung yang menyukai tempat dengan arsitektur menawan, maka The Heritage Place wajib masuk ke dalam daftar kunjungan. Lokasinya ada di Kartasura Sukoharjo. Jadi Anda bisa menggunakan tiket kereta api ke Solo untuk menuju lokasi.

The Heritage Place pertama kalinya dibuka pada tanggal 9 Juni 2018. Mereka buka dengan menawarkan berbagai hal-hal menarik seperti museum mobil antik, bangunan nuansa kuno, wahana Omah Walik, hingga museum 3D.

Tidak hanya cocok dikunjungi secara pribadi, namun juga pas untuk wisata keluarga dan rombongan. Tiket masuknya sendiri cukup terjangkau yakni di kisaran 55ribuan saja.  The Heritage Place buka setiap hari Senin sampai dengan Kamis, dari jam 09.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

  • Pandawa Water World

Rupanya Solo tidak hanya memiliki wisata sejarah kesunanan maupun alam saja. Namun di sini pun kita bisa menemukan wisata air yang bernama Pandawa Water World. Lokasinya ada di seputaran Solo Baru.

BACA JUGA  Tiket Kereta Api ke Cirebon Aman dan Nyaman

Hebatnya lagi Pandawa Water World adalah salah satu destinasi wisata air yang terbesar di Indonesia. Maka tidak heran jika mereka memiliki banyak penawaran menarik hingga 27 macam wahana yang bisa dicoba.

Jika ingin datang kesini, pastikan mengetahui jadwalnya. Pasalnya Pandawa Water World tutup setiap hari Selasa. Untuk jam operasionalnya, pengunjung bisa datang dari pukul 12.00 WIB sampai 18.00 WIB. Lain lagi jika weekend tiba, mereka buka lebih lama yakni dari jam 08.00 WIB sampai 18.00 WIB.

  • Museum Batik Danar Hadi

Jangan ngaku sebagai pecinta batik jika belum pernah berkunjung ke Museum Batik Danar Hadi. Lokasinya ada di Jalan Brigjen Slamet Riyadi Nomer 267 Surakarta. Di sini terdapat koleksi berbagai jenis kain-kain batik yang tersebar di seluruh Nusantara.

Koleki batik yang lengkap ini akan memudahkan pengunjung mengetahui macam-macam motif batik Tanah Air. Dari motif turun temurun warisan leluhur sampai motif kontemporer yang modern semua ada di sini.

Berkunjung ke Museum Batik Danar Hadi, maka bisa dipastikan wisatawan tidak hanya mendapat hiburan tapi juga sarat akan ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu wisata ini cocok dijadikan rekreasi bersama keluarga dan anak-anak sekolah.

  • Grojogan Sewu

Dalam bahasa daerah setempat, grojogan berarti air terjun sedangkan sewu bermakna seribu. Jadi Grojogan Sewu adalah seribu air terjun. Sesuai dengan namanya, di lokasi ini terdapat banyak air terjun yang bisa dinikmati di beberapa titik. Meski pun jika dihitung-hitung jumlahnya memang tidak sampai seribuan.

Air terjun yang berada di Jalan Raya Tawangmangu Karanganyar ini cukup ramai dikunjungi wisatawan utamanya bagi mereka para pecinta alam. Ketika berkunjung ke sini, pemandangan tebing-tebing dan hutan hijau akan menyambut. Meski begitu jangan khawatir, karena akses ke Grojogan Sewu sangat mudah.

Lokasi sudah dilengkapi dengan jalanan untuk kendaraan baik mobil maupun motor. Harga tiketnya pun sangat terjangkau yakni kisaran 18ribuan saja. Jadi tidak ada salahnya memasukan Grojogan Sewu ke dalam daftar kunjungan wisata jika hendak pergi ke Solo.

  • Pabrik Gula De Tjolomadoe

Wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta pada zaman pemerintahan kolonial dijadikan sentra pembuatan gula. Hal tersebut lantaran di sana terdapat banyak perkebunan tebu yang dapat mensuplai kebutuhan pabrik gula. Maka itulah salah satu sebabnya kenapa kuliner di sekitar daerah ini didominasi oleh rasa manis yang dominan.

Salah satu pabrik gula yang telah beroperasi sejak zaman Hindia Belanda ialah Pabrik Gula De Tjolomadoe. Bahkan mereka telah dibangun tahun 1861. Jadi selama seratusan tahun pabrik ini telah menopang perekonomian masyarakat sekitar.

Pabrik Gula De Tjolomadoe ini berlokasi di jalan Adi Sucipto Nomor 1 Kecamatan Solomadu Jateng. Sayangnya mereka sudah berhenti beroperasi sejak sekitar dua puluhan tahun lalu.

Namun jangan khawatir karena tempat tersebut kini telah disulap sebagai lokasi wisata bersejarah. Bahkan dari segi arsitekturnya pun tidak banyak dirubah dan masih dipertahankan hingga kini.

Berkunjung ke Jawa Tengah memang tidak lengkap rasanya jika tidak berwisata ke Surakarta dengan tiket kereta api ke Solo. Tentunya jangan lupa juga untuk mencicipi aneka kuliner khas setempat. Berwisata ke Solo masih sangat worth it khususnya bagi backpackers, tertarik menjelajah?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • AI: Hello human, I am a GPT3 powered AI chat bot. Ask me anything!

AI thinking ...