Strategi Mengatasi Kehilangan Barang di Kereta Api: Langkah Tepat untuk Penumpang

Panduan Mengatasi Kehilangan Barang di Kereta Api

Insiden kehilangan barang saat menggunakan kereta api sering terjadi, terutama pada masa-masa padat seperti Lebaran, liburan sekolah, dan Natal. Oleh karena itu, menjaga barang bawaan selama berada di kereta atau di stasiun sangat penting bagi penumpang.

Krisbiyantoro, Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, menyebutkan bahwa barang-barang yang sering tertinggal di kereta api meliputi dompet, ponsel, pakaian, dan tas. “Perkiraan nilai total barang yang ditemukan mencapai sekitar 126 juta rupiah,” ujarnya pada 13 April 2024 dalam wawancara dengan Antara. Meskipun kehilangan barang dapat membuat panik, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi situasi ini.

Pertama, PT KAI memiliki sistem lost and found yang sangat efektif. Petugas akan mengamankan barang-barang yang ditemukan dan mencatatnya dalam database sistem tersebut. Pengumuman mengenai barang yang ditemukan juga akan disampaikan melalui pengeras suara di stasiun. “Jika tidak ada yang mengklaim, barang akan disimpan di pos pengamanan stasiun dan didata dalam sistem lost and found KAI,” jelas Krisbiyantoro.

Selain memanfaatkan sistem lost and found, penumpang juga dianjurkan untuk melaporkan kehilangan barang langsung kepada petugas. Laporan bisa disampaikan kepada kondektur kereta api atau petugas pengamanan stasiun. Alternatif lain adalah menghubungi call center KAI di nomor 121 atau melalui media sosial @kai121_ dan email [email protected].

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti penumpang jika kehilangan barang di kereta api:

  1. Jangan panik dan tetap tenang. Cobalah mengingat lokasi terakhir Anda melihat atau menggunakan barang tersebut.
  2. Hubungi call center KAI di nomor 121 atau (021) 121. Anda juga bisa menghubungi KAI melalui media sosial @kai121_ atau email [email protected].
  3. Berikan informasi detail tentang kode booking atau lokasi terakhir barang hilang. Hindari memberikan informasi kode booking dan identitas lainnya kepada pihak yang tidak berwenang.
  4. Tunggu informasi mengenai status barang Anda yang akan disampaikan melalui telepon atau email resmi dari KAI.
BACA JUGA  Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Terkait Kecelakaan Kereta Api di Cicalengka

Dengan mengikuti prosedur yang tepat dan memanfaatkan layanan yang disediakan oleh KAI, peluang untuk menemukan kembali barang yang hilang akan lebih besar. Tetap waspada dan selalu jaga barang bawaan Anda selama perjalanan menggunakan kereta api untuk pengalaman perjalanan yang lebih aman dan nyaman.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • AI: Hello human, I am a GPT3 powered AI chat bot. Ask me anything!

AI thinking ...