Tiket Kereta Api ke Semarang, Catat Waktu Pemberangkatannya!

Ada berbagai macam variasi harga tiket kereta api ke Semarang sesuai dengan rute dan panjang perjalanan yang ditempuh. Tentunya dengan mengetahui informasi ini akan memudahkan penumpang yang hendak bertandang ke Kota Jamu tersebut. Apalagi ada banyak kuliner menarik yang wajib dicicipi di sana, simak selengkapnya!

Nama-Nama Kereta Api dan Jadwal Keberangkatan ke Semarang

tiket kereta api ke semarang

  • Kereta Api Kamandaka 225A

Kereta Api Kamandaka 225A melakukan rute perjalanan antar kota dari Semarangtawang menuju Semarangponcol. Di mana jarak kedua stasiun tersebut sejauh hanya 3.2km saja. Dengan jarak tersebut, KA ini mampu menempuhnya hanya dalam waktu 7 menit saja.

Perjalanan tersebut akan dimulai pukul 07.00 WIB dan akan segera tiba 7 menit kemudian yakni 07.07 WIB. Biaya yang dikeluarkan penumpang sekitar 75ribuan dengan kategori penumpang kelas Ekonomi.

Selain itu Kamandaka 225A juga melayani penumpang di jam yang sama dengan kode kelas Ekonomi yang berbeda. Tarif yang dibebankan sedikit lebih murah yaitu 70ribuan saja. Dengan waktu tempuh yang sama dengan kelas Ekonomi di atas.

  • Kereta Api Ambarawa Ekspres 269F

Selain Kereta Api Kamandaka 225A, KA Ambarawa Ekspres 269F juga melakukan pelayanan rute dari Semarangtawang menuju Semarangponcol. Di mana jadwal keberangkatannya berbeda. KA Amabarawa Ekspres 269F diketahui melakukan perjalanan di sore hari.

Kereta akan tiba di stasiun tujuan sekitar pukul 17.47 WIB dengan jadwal keberangkatan pukul 17.40 WIB. Penumpang yang dilayani termasuk kelas Ekonomi dengan harga tiket senilai 60ribuan saja.

  • Kereta Api Ambarawa Ekspres 267

Sama dengan KA Ambarawa Ekspres 269F, Ambarawa Ekspres 267 melayani keberangkatan dari Semarangtawang ke Semarangponcol. Waktu tempuhnya pun sama yakni 7 menit. Namun yang membedakannya hanyalah waktu keberangkatan keretanya saja.

KA ini akan tiba di lokasi tujuan tepat pukul 10.37 WIB dengan jadwal keberangkatan kereta 10.30 WIB. Harga tiketnya sama yakni 60ribuan demi melayani penumpang kelas Ekonomi.

  • Kereta Api Joglosemarkerto 189

KA Joglosemarkerto 189 merupakan kereta api yang memiliki rute dari Semarangtawang ke Semarangponcol. Harga tiketnya sangatlah terjangkau yakni di rentangan 55ribuan saja. Ia bertugas mengantar para penumpang kelas Ekonomi dari pukul 08.50 WIB dan waktu kedatangan di tujuan pukul 08.57 WIB.

  • Kereta Api Kamandaka 185

Dibandingkan KA Kamandaka 225A, harga tiket Kamandaka 185 sedikit lebih murah. Penumpang kelas Ekonomi hanya perlu merogoh kocek sebesar 55ribuan untuk sampai ke tujuan dari Stasiun Semarangtawang ke Stasiun Semarangponcol. Perjalanan dilakukan siang hari jam 11.00 WIB sampai 11.07 WIB.

  • Kereta Api Airlangga 7050

Nama Airlangga diambil dari nama salah satu Raja Kediri yang dipanggil Prabu Airlangga. KA Airlangga 7050 ini melakukan perjalanan selama 2 jam 44 menit dari Stasiun Tanjung di Brebes hingga ke Stasiun Semarangponcol.

BACA JUGA  Bukan Hanya Sekadar Stasiun, Citeras Juga Menawarkan Beragam Pelayanan dan Fasilitas Terbaik untuk Kebutuhan Anda!

Mereka bertugas mengantarkan penumpang kelas Ekonomi dengan harga tiket sebesar 49ribuan. Perjalanan yang cukup panjang ini akan dilakukan pada pukul 15.29 WIB hingga pukul 18.12 WIB.

  • Kereta Api Airlangga 7049

Meski harga tiketnya sama dengan KA Airlangga 7050 yakni senilai 49ribuan, namun KA Airlangga 7049 melakukan perjalanan dari Pasar Turi. Jadi bisa dibilang KA ini menghubungkan penumpang kelas Ekonomi antar kota Surabaya dengan Semarang.

Perjalanan memakan waktu cukup lama yakni 4 jam 23 menit dari siang hari pukul 12.25 WIB hingga pukul 16.48 WIB.

  • Kereta Api Blora Jaya 271

Tiket kereta api ke Semarang melalui KA Blora Jaya 271 merupakan harga termurah untuk rute Semarangtawang ke Semarangponcol. Penumpang kelas Ekonomi hanya perlu merogoh dana sebesar 35ribuan untuk menempuh perjalanan selama 7 menit dari jam 07.25-07.32 waktu setempat.

  • Kereta Api Tawang Jawa

Kereta api ini melakukan perjalanan dari Stasiun Semarangponcol menuju Pasar Senen Jakarta. Perjalanan yang ditempuh tentunya sangat panjang di mana pemberangkatan dilakukan pukul 13.15 WIB.

Penumpang akan tiba di Stasiun Pasar Senen pada malam harinya yakni pukul 20.10 WIB. Mereka mengangkut para penumpang kelas Ekonomi dengan harga cukup terjangkau. Tiket ada di kisaran 120ribuan.

  • Kereta Api Ciremai

Jika penumpang ingin merasakan pelayanan kelas Bisnis atau Eksekutif dari Semarang ke Bandung, maka dapat menggunakan KA Ciremai. KA akan berangkat dari Stasiun Semarangtawang sore pukul 17.35 WIB dan tiba di Stasiun Bandung dini hari jam 01.11 WIB. Harga tiket KA Ciremai ada di kisaran 140ribuan.

  • Kereta Api Argo Sindoro

Bagi para penumpang Eksekutif yang hendak berplesiran dari Semarang ke Gambir bisa menggunakan KA Argo Sindoro. Kereta akan berangkat dari Stasiun Semarangtawang menuju Stasiun Gambir pukul 06.00 WIB. Keberangkatan akan tiba pukul 12.00 WIB dengan harga tiket di rentang 225ribuan.

  • Kereta Api Argo Muria

Alternatif kedua jika hendak ke Stasiun Gambir dari Semarangtawang ialah menggunakan KA Argo Muria. Kereta api ini berangkat jam 4 sore dan akan tiba di stasiun tujuan jam 10 lewat 8 menit malam harinya. Kisaran harganya sama dengan KA Argo Sindoro yakni di kisaran 225ribuan sangat pas untuk kantong Eksekutif.

  • Kereta Api Maharani

KA Maharani melakukan perjalanan bolak balik dari Stasiun Semarangponcol menuju Stasiun Surabaya Kota. Harga tiketnya sebesar 49ribu saja dengan peruntukannya bagi kelas Ekonomi. Keberangkatan akan dimulai dari pukul 11.40 WIB sampai 16.27 WIB.

  • Kereta Api Kamandaka 193

Tiket kereta api ke Semarang dengan menggunakan KA Kamandaka 193 jatuh direntang harga 55ribuan. Rute perjalanannya yakni dari Stasiun Semarangtawang menuju Semarangponcol.

Waktu tempuh sekitar 7 menit dan mengangkut penumpang kelas Ekonomi. Kereta akan mulai berjalan pukul 20.25 WIB dan akan tiba di lokasi pukul 20.32 WIB.

  • Kereta Api Manoreh

Untuk orang yang tinggal di Semarang dan hendak pergi ke Jakarta, bisa menggunakan KA Manoreh. Pemberangkatan akan dilakukan di Stasiun Semarangtawang dengan rute tujuan menuju Stasiun Pasar Senen Jakarta. Mereka melayani penumpang kelas Ekonomi.

Dengan harga tiket sebesar 150ribuan saja, kereta akan berangkat di pagi hari sekitar pukul 8 waktu setempat. Nantinya KA Manorah akan tiba di Pasa Senen di siang harinya jam setengah tiga sore.

  • Kereta Api Kamandaka

Kereta Api Kamandaka memiliki tiga jadwal pemberangkatan yang sama-sama diperuntukan bagi pemegang kelas Ekonomi. Sehingga harga jual tiket sangatlah terjangkau hanya sekitar 70ribuan saja. Mereka melakukan perjalanan dari Stasiun Semarangtawang menuju Stasiun Purwokerto.

BACA JUGA  Informasi Tiket Kereta ke Jakarta dan Daftar Stasiunnya

Keberangkatan paling pagi dimulai jam 05.00 WIB di mana penumpang akan tiba di stasiun tujuan pukul 09.27 WIB. Keberangkatan kedua di siang hari jam 11.00 WIB dengan jadwal tibanya pukul 16.04 WIB. Terakhir ialah jadwal keberangkatan sore hari pukul 17.00 WIB dengan pemberhentian di stasiun tujuan jam 21.53 WIB.

  • Kereta Api Kaligung

Kereta Api Kaligung melakukan perjalanan dengan rute dari Stasiun Semarangponcol menuju Stasiun Brebes. Ada dua jadwal keberangkatan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Pertama ialah di pagi hari pukul 06.20 WIB di mana penumpang akan tiba di tujuan jam 09.03 waktu setempat.

Sedangkan jadwal keberangkatan kedua pukul 08.45 WIB dengan waktu tiba di lokasi pukul 11.28 WIB. Kedua keberangkatan tersebut sama-sama diperuntukan bagi penumpang kelas Ekonomi dengan harga yang sangat affordable yakni hanya 50ribuan saja.

Stasiun yang Menjadi Rute Tiket Kereta Api ke Semarang

  • Stasiun Alastua

Stasiun Alastua dulunya ditulis dengan nama Stasiun Alastuwa. Stasiun ini merupakan KA kelas II yang lokasinya ada di Pedurungan Semarang. Jadi letaknya adalah yang paling timur dari Kota Semarang. Uniknya stasiun ini bisa terlihat dari Jalan Layang Bangetayu ke Padurungan yang menuju arah timur.

Stasiun ini cukup tua yang mana bahkan keberadaannya persis di jalur KA pertama Tanah Air. Tepatnya jalur pertama Stasiun Semarang NIS dengan Stasiun Tanggung. Apabila Stasiun Semarangtawang tengah tergenang banjir, maka rute akan dialihkan ke Stasiun Alastua ini.

Selain itu pengalihan rute juga terjadi apabila Jalan Raya Kaligawe tengah mengalami kemacetan. Untuk kereta api yang melalui rute Alastua ini hanyalah KA Kedung Sepur saja.

Untuk ketinggiannya, Stasiun Alastua memiliki ketinggian kisaran 6 meter. Di mana lokasinya tersebut masuk ke dalam daerah operasi IV Semarang. Bisa dibilang stasiun ini cukup tua karena pertama kali diresmikan tahun 1867 tepatnya tanggal 10 Agustus.

  • Stasiun Semarangtawang

Stasiun Semarangtawang adalah stasiun untuk kereta api besar dengan kelas A. Lokasinya persis berada di daerah Semarang Lama Kota, Kelurahan Tanjung Mas-Semarang Utara. Ketinggian stasiun ini cukup rendah yakni sekitar hanya 2meter saja. Kini pengelolaannya berada dalam cakupan Daerah Operasi IV Semarang.

Sehari-harinya banyak kereta api yang melakukan perjalanan di titik ini. Hal tersebut kemudian sukses menjadikannya sebagai salah satu stasiun yang tersibuk di Semarang. Wajar saja karena di stasiun ini merupakan titik persimpangan dari kereta api dengan jalur lintas utara dan juga tengah Jawa.

Tidak tanggung-tanggung, di sini bahkan seluruh tipe kelas-kelas penumpang dilayani dengan baik. Jadi di Stasiun Semarangtawang akan terdapat kelas-kelas penumpang dari Ekonomi, Bisnis, Eksekutif, dan sebagainya.

Nama Tawang sendiri diambil dari perkampungan yang terletak sangat dekat dengan stasiun ini. Nama kampung tersebut ialah Tawang Sari. Jika memiliki tiket kereta api ke Semarang, gunakanlah tujuan stasiun ini. Sehingga Anda akan lebih dekat dengan beberapa obyek wisata khas Semarang.

Pengunjung akan sangat mudah menjangkau Pasar Johar dan Kota Lama Semarang. Bagi yang belum tahu, Pasar Johar merupakan pasar terbesar di kawasan Asia Tenggara tahun 1930an. Selain itu fasilitas yang disediakan pun paling modern di kelasnya pada waktu itu.

Sedangkan wisata Kota Lama ialah pusat perdagangn yang sudah sangat tersohor sejak abad ke 19 hingga 20. Di sini, pengunjung bisa melihat berbagai rupa bangunan dengan desain dan arsitektur jaman Kolonial yang sangat khas Eropa. Berada di sini seakan membuat diri tengah berada di masa lampau yang indah.

  • Stasiun Semarangponcol

Biasanya Stasiun Semarangponcol kerap disingkat Stasiun Poncol. Ia merupakan lokasi tempat pelayanan bagi kereta api dengan kelas B. Posisinya ada di Kelurahan Purwosari, Semarang Utara. Kawasan ini adalah Daerah Operasi IV Semarang dan dibangun pada ketinggian 3 meter di atas permukaan laut.

BACA JUGA  Stasiun Buduran Layani Masyarakat Sidorarjo Dengan Setia

Kebanyakan kereta api dengan kelas Ekonomi dan jenis Commuter akan berhenti di Stasiun Semarangponcol. Bahkan kereta-kereta api yang hendak melintasi jalur tengah memang kerap menjadikan stasiun ini sebagai lokasi pemberhentiannya. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi KA Parsel ONS.

Pasalnya kereta api tersebut dikhususkan mengangkut barang-barang saja sehingga memiliki pemberhentian khusus. Kereta tersebut berhenti di Stasiun Semarangtawang untuk melakukan bongkar muat barang-barangnya.

Jika Semarangtawang tidak bisa difungsikan, baik karena banjir atau macet, maka stasiun ini adalah opsi pemberhentian kedua selain Stasiun Alastua.

Stasiun Semarangponcol bisa terbilang cukup tua. Tidak tanggung-tanggung usianya pun telah menginjak 108tahun di 2022 ini. Peresmian penggunaan stasiun dilakukan pada 6 Agustus 1914. Stasiun dibangun oleh Perusahaan Kereta Api Hindia Belanda yang bernama SCS.

Kuliner Legendaris Khas Semarang

  • Lumpia Semarang

Kota Semarang terkenal dengan jajanan lumpianya. Jadi jika berkunjung ke sini jangan lupa mampir untuk sekedar mencicipi rasa khas dari lumpia semarang. Lumpia semarang terbuat dari dadar yang dipakai untuk membalut adonan berupa tumisan telur, rebung, dengan daging baik ayam atau udang.

  • Babat Gongso

Babat merupakan sebutan untuk sapi. Di Indonesia sendiri ada berbagai macam olahan berbahan dasar babat, salah satunya yang paling terkenal ialah babat gongso. Merupakan semacam makanan berkuah dengan berbagai jenis rempah di dalamnya. Makanan yang sangat cocok disajikan ketika cuaca dingin.

  • Tahu Gimbal

Dikarenakan bentuknya yang semrawut mirip gimbal pada rambut manusia, maka tahu ini disebut tahu gimbal. Berupa tahu yang digoreng dan disajikan dengan ketupat, aneka sayur dan pendamping. Sebagai pemungkasnya, hidangan ini disiram dengan saus kacang yang lezat.

  • Bandeng Presto

Ikan bandeng memang sangat kaya omega 3 dan 6, bahkan kandungan nutrisinya lebih baik dibanding salmon. Seringkali untuk memakannya butuh effort lebih karena tulangnya yang cukup mengganggu. Bandeng presto ini adalah olahan khas Semarang yang praktis dimakan serta dapat dijadikan oleh-oleh terbaik.

  • Selat Solo

Makanan ini adalah perpaduan antara kuliner Belanda dengan Jawa. Selat berasal dari kata salad yakni aneka macam sayuran. Selat solo ini disajikan pula dengan semur lidah sapi yang kemudian diberi pelengkap telur rebus, dan mustard. Kombinasi pas, mengenyangkan, dan tentu saja sehat.

  • Tahu Petis

Di Semarang terdapat olahan tahu yang sangat unik, namanya tahu petis. Ini bukan sekedar tahu goreng biasa, melainkan tahu yang dicocol dengan sambal petis yang gurih dan legit. Pastikan mencoba makanan khas ini jika berkunjung ke Semarang dan jadikan juga oleh-oleh agar kerabat di rumah juga bisa mencicipinya!

  • Aneka Jamu

Rupanya tidak hanya terkenal dengan lumpianya, Semarang juga dijuluki sebagai Kota Jamu. Ada aneka jenis olahan rimpang khas Nusantara di sini sehingga tidak mengherankan ada berbagai pabrik jamu menjamur di Semarang. Pastikan ketika berkunjung tidak lupa mencicipi jamu asli racikan orang Semarang ya!

Berbagai range tiket kereta api ke Semarang memang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Tentunya ada harga ada pula kualitas layanan yang akan didapat. Namun secara garis besar, kereta api termasuk salah satu transportasi aman dan cepat untuk sampai ke tujuan. Sudah pesan tiket sekarang?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • AI: Hello human, I am a GPT3 powered AI chat bot. Ask me anything!

AI thinking ...