Bukan Hanya Sekadar Stasiun, Citeras Juga Menawarkan Beragam Pelayanan dan Fasilitas Terbaik untuk Kebutuhan Anda!

Stasiun Citeras adalah stasiun yang berada di bawah operasional KAI Commuter. Stasiun ini kini hanya melayani KRL Rangkasbitung saja. Namun demikian stasiun ini tetap berperan penting bagi masyarakat desa sekitar.

Informasi Lengkap Stasiun Citeras yang Melayani Masyarakat Desa Sekitar

stasiun citeras

Sejarah

Stasiun ini awalnya melayani kereta lokal seperti Patas Merak, Banten Ekspres, dan Rangkas Jaya. Layanan tersebut dihapuskan dan diringkas hingga Rangkasbitung saja.

Stasiun yang masuk golongan stasiun kelas III ini terletak di Mekarsari, Rangkasbitung, Banten. Uniknya, stasiun ini diberi nama Citeras padahal lokasi stasiun Citeras ini tidak terletak di Citeras. Desa Citeras sendiri berada di sebelah barat stasiun

Elektrifikasi pada stasiun ini dilakukan pada tahun 2017. Stasiun ini memiliki 3 jalur kereta dengan rincian jalur 1 dan 2 untuk sepur lurus. Stasiun inipun resmi melayani Lin Rangkasbitung sejak 17 April 2017.

Stasiun ini dibangun oleh Staatsspoorwegen. Untuk meningkatkan mutu layanan, stasiun ini dibangun kembali pada tahun 2017. Termasuk menambah jalur kereta yang tadinya hanya ada dua, kini memiliki tiga jalur. Dua jalur untuk sepur lurus, dan satu jalur untuk sepur belok.

Bangunan lama stasiun sudah tidak ada. Dirobohkan saat proses pembangunan dan diganti dengan bangunan yang modern dan minimalis. Termasuk peron stasiun yang dipanjangkan untuk mendukung rangkaian kereta yang semakin panjang.

Stasiun ini merupakan stasiun terakhir sebelum Rangkasbitung. Apabila penumpang ingin ke Tanah Abang, maka jarak sejauh 85km tersebut dapat ditempuh selama 1,5-2jam.

Stasiun ini memiliki kode CTR dan kode numerik 0201. Stasiun ini terletak 48m di atas permukaan laut.

BACA JUGA  Tak Hanya Sebatas Stasiun, Ternyata Stasiun Cilejit Menawarkan Banyak Sekali Kejutan!

Tempat ikonik terdekat dengan stasiun ini adalah Pasar Citeras. Hanya butuh waktu kira-kira 5menit untuk sampai di sana dari Stasiun Citeras.

Fasilitas dan Teknis

Stasiun ini memiliki 3 jalur dan 2 peron pulau. Karena tergolong kelas kecil, fasilitas stasiun pun terbatas. Hanya tersedia ruang tunggu kecil dan pusat informasi.

Stasiun Penting Sekitar Citeras

  • Rangkasbitung

Stasiun besar ini merupakan stasiun terminus untuk Lin Rangkasbitung dan Lokal Merak. Stasiun ini beralamatkan di Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung, Banten. Stasiun ini berada di bawah operasional KAI Commuter. Stasiun ini memiliki 4 jalur dan 3 peron.

Stasiun ini dibuka pada tahun 1899. Kemudian dilakukan elektrifikasi pada tahun 2017. Per 17 April 2017, stasiun ini resmi melayani Lin Rangkas dengan rute Tanah Abang-Rangkasbitung.

Bangunan lama stasiun ini ditetapkan sebagai cagar budaya. Bangunan tersebut kini menjadi ruang tunggu bagi penumpang Lokal Merak. Adapun bagian barat bangunan baru kini digunakan sebagai ruang tunggu penumpang KRL.

Di stasiun ini terdapat depo lokomotif dan kereta untuk menyimpan dan merawat kereta. Stasiun ini memiliki kode RK dan kode numerik 0130. Stasiun ini terletak 22m di atas permukaan laut.

Fasilitas yang disediakan di stasiun ini di antaranya ada toilet, restoran, musala, pos kesehatan, dll.

  • Maja

Stasiun yang dibuka sejak 1899 ini merupakan stasiun kelas II. Stasiun ini terletak di Maja, Banten. Stasiun ini berada di bawah operasional KAI Commuter dan hanya melayani KRL Rangkas saja.

Stasiun yang dulunya bernama Stasiun Madja ini dipasang elektrifikasi pada tahun 2012. Stasiun ini dibangun ulang dengan gaya modern minimalis pada tahun 2014. Pembangunan tersebut rampung di tahun 2016. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan penumpang Lin Rangkas.

BACA JUGA  Tiket Kereta Api ke Jogja Untuk Menikmati Keindahan Kota Gudeg

Fasilitas yang tersedia di antaranya adalah lift, musala, ruang laktasi, toilet, mesin tiket, dll. Stasiun ini merupakan stasiun paling ujung sebelum terminus Rangkasbitung. Saat ini, stasiun ini melayani satu rute saja yakni Rangkas-Tanah Abang melalui Lin Rangkas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • AI: Hello human, I am a GPT3 powered AI chat bot. Ask me anything!

AI thinking ...