Pandalungan Express: Setahun Melaju, Layani Lebih dari 100 Ribu Penumpang Tapal Kuda ke Jakarta!

Pandalungan Express Setahun Melaju, Layani Lebih dari 100 Ribu Penumpang Tapal Kuda ke Jakarta

Pada 1 Juni 2024, Kereta Api Pandalungan menandai satu tahun operasinya dengan mencatatkan prestasi mengesankan. Sebanyak 109.072 penumpang dari wilayah Daop 9 Jember telah memanfaatkan layanan kereta ini untuk perjalanan antara Stasiun Jember dan Stasiun Gambir pulang-pergi. Menurut keterangan tertulis dari Cahyo Widiantoro, Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, rata-rata harian penumpang mencapai 300 orang atau 75% dari kapasitas yang tersedia sebanyak 400 tempat duduk. Pada momen-momen tertentu seperti libur Lebaran, Tahun Baru, dan akhir pekan panjang, tiket kereta sering kali habis terjual jauh-jauh hari.

Operasional KA Pandalungan resmi dibuka pada 1 Juni 2023 oleh Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa. KA Pandalungan merupakan kereta api dengan rute terjauh yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero), menempuh jarak 919 kilometer dari Stasiun Jember ke Stasiun Gambir di Jakarta.

Cahyo Widiantoro menjelaskan, meskipun keberangkatan awalnya dari Stasiun Jember, kereta ini diminati oleh masyarakat di berbagai wilayah tapal kuda seperti Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso. Ini menunjukkan bahwa kereta tersebut telah menjadi pilihan utama bagi masyarakat di daerah tersebut untuk bepergian ke Jakarta.

Selain melayani penumpang, rangkaian KA Pandalungan yang semula terdiri dari 8 kereta kelas eksekutif, satu kereta makan, dan satu kereta pembangkit, pada 1 Oktober 2023 ditambahkan satu gerbong barang. Gerbong tambahan ini berfungsi untuk mengangkut barang hantaran penumpang seperti sepeda, motor, hewan, dan berbagai barang lainnya, memberikan kemudahan lebih bagi pengguna layanan kereta api ini.

Dalam kurun waktu setahun, KA Pandalungan tidak hanya menjadi sarana transportasi yang diandalkan oleh masyarakat, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan dalam mobilitas dan pengiriman barang di wilayah tapal kuda menuju ibu kota. Dengan pencapaian ini, KAI Daop 9 Jember optimis akan terus meningkatkan pelayanan dan kapasitas demi kenyamanan penumpang dan pelanggan.

BACA JUGA  Temukan Kursi Paling Aman di Kereta Api Menurut Riset: Tips Penting untuk Penumpang

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • AI: Hello human, I am a GPT3 powered AI chat bot. Ask me anything!

AI thinking ...